Mari Mengenal Database Oracle

Database Oracle

Crewnesia - Mari Mengenal Database Oracle

Crewnesia -  Pada kesempatan kemarin kita sudah membahas Database MySQL dimana pada artikel Database MySQL saya sedikit membahas beberapa software DBMS, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu software DBMS yaitu Oracle.

Database Oracle merupakan salah satu Relation Database Management System (RDBMS) buatan oracle corpation. Oracle DB sering digunakan untuk membagun sebuah sistem yang bersekala besar. Oracle DB menyediakan sertifikat keahlian bagi para penggunanya yang ingin menjadi master oracle DB.

Sejarah Oracle DB

Oracle Corporation berdiri dan dikembangkan oleh Larry Ellison pada tahun 1977 sebelumnya pihak oracle mengembangkan database oracle sebagai perangkat lunak yang dipakai oleh pihak militer. Seiring perkembangan database pihak oracle memperbolehkan atau menjual kepada pihak sipil atau bisnis.

Fungsi Oracle DC

Fungsi oracle hampir sama seperti software database biasanya yaitu sebagai pengelola data yang tersimpan di dalam database, namun oracle memiliki beberapa perbedaan fungsi dalam mengelola sebuah database. Berikut fungsi-fungsi yang disediakan oleh Oracle:

  • Menvisualisasi

Data pengguna dapat memvisualisasi dalam bentuk baris dan kolom di dalam table digitial.Maksudnya, para pengguna bisa menyimpan seluruh data dalam berskala besar secara digital didalam database oracle.

  • Manajemen User

Oracle dapat mengontrol akses data, maka tidak sembarang orang dapat mengakses data secara bebas ke database. Hanya user-user tertentu yang memiliki hak akses untuk mengakses data ke dalam database.

  • Skalabilitas Dan Keamaan

Oracle memiliki potensi untuk berkembang atau dapat diskalakan kapasitasnya menjadi lebih besar  hanya dengan menambah resource(server dan data storage). Dengan skalabilitas ini oracle mampu mengelola data yang berskala besar dengan mudah dan aman.

  • Perlindungan Data

Oracle dapat mencegah kerusakan atau kehilangan sebuah data perusahaan dengan menggunakan Real Application Clusters (RAC). RAC merupakan teknologi yang memeberikan perlindungan terhadap data-data/asset perusahaan. Dengan adanya RAC, kegagalan sebuah sistem tidak akan berpengaruh terhadap kinerja server database lainnya, karena teknologi ini dapat membuat pengelolaan database menjadi terpusat, terstruktur rapi, dan memungkinkan antar server terintegrasi.

Kelebihan Oracle DB:

  • Oracle DB menawarkan skalabilitas lebih besar dibandingkan rdbms lainnya.
  • Oracle DB menggunkan teknologi clustering.
  • Oracle DB memiliki sistem keamanan yang cukup baik.
  • Oracle DB mendukung banyak sistem operasi.

Kekurangan Oracle DB:

  • Oracle DB memiliki harga yang tergolong tinggi.
  • Dokumentasi Oracle DB sangat kurang.
  • Memiliki sedikit tenaga ahli dibanding pesaingnya.

Kesimpulan

Oracle DB merupakan salah satu RDBMS terbaik dibanding pesaingnya dan memiliki harga yang tinggi, namun dengan harga yang tinggi kalian bisa mendapatkan skalabilitas yang besar dan keamaan data perusahaan kalian terjamin. 

Selanjutnya : Mari Mengenal Database Microsoft SQL Server