-->

Mengenal Blender 3D, Software Pembuat Animasi 3D

Crewnesia - Mengenal Blender 3D, Software Pembuat Animasi 3D

Crewnesia - Pasti kalian pernah menonton sebuah animasi yang dibuat oleh disney dan pixar, misalnya seperti Toy Story, Big Hero, Cars dan lain-lainnya. Mungkin kalian pernah berpikir bagaimana pembuatan animasi-animasi tersebut, maka pada kesempatan artikel ini saya akan membahas salah satu software pemuatan animasi yaitu Blender 3D.

Apa Itu Blender?

Blender merupakan sebuah software grafik 3D yang digunakan untuk pembuatan sebuah film animasi, efek visual, model 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video (game). Blender sangat cocok untuk seseorang pemula yang ingin belajar membuat sebuah animas, model 3D, dll. Software ini bisa kalian dapatkan secara gratis di website resminya Blender. Kalian bisa menggunakan Blender pada sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux.

Sejarah Blender

Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanain sebuah perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamai NeoGeo. Pada tahun itu perusahaan NeoGeo sangat berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda. Pada tahun 1995 muncullah sebuah perangkat lunak yang dinamakan Blender, setelah diamati lebih dalam ternyata Blender memiliki potensi. Pada tahun 1998 Ton Roosendaal mendirikan sebuah perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) untuk mengembangkan dan mempromosikan Blender lebih jauh.
Cita-cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah perangkat lunak animasi 3D yang padat, lintas platform yang gratis dan dapat digunakan oleh penggunanya. Sayangnya cita-cita NaN tidak sesuai dengan yang diinginkan. Pada tahun 2001 dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil, lalu meluncurkan perangkat lunak komersial pertamanya yaitu Blender Publisher. Namun angka penjualan dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN terpaksa ditutup. Karena tidak ingin Blender hilang ditelan zaman, akhirnya Ton Roosendaal mendirikan organisasi nirlaba yang dibernama Blender Foundation dengan tujuan utama yaitu terus mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek sumber terbuka.

Fitur - Fitur Blender

Sebagai salah satu software animasi 3D populer di dunia, pastinya Blender memiliki fitur - fitur yang mampu mempermudah penggunanya dalam membuat animasi 3D, misalnya seperti modeling, texturing, bitmap image editor, Animation, digital sculptor. Berikut fungsi - fungsi dari setiap fiturnya.

  1. Modeling
  2. Modeling merupakan sebuah proses pembuatan model objek menjadi 3D. model bisa berupa karakter, seperti masnusia, hewan dan tumbuhan; atau berupa benda mati, misalnya rumah, mobil, peralatan, dan lain-lain. Model sendiri harus dibuat sedetail mungkin sesuai dengan ukuran dan skala pada sketsa model yang telah ditentukan sebelumnya sehingga objek terlihat sangat proporsional untuk dilihat.

  3. Texturing
  4. Texturing merupakan proses pemberian kontras pada sebuah objek agar terkesan lebih realitas atau bisa diartikan sebagai pemberian karakteristik permukaan pada sebuah objek. Teknik teksturing termasuk langkah pembuatan suatu proyek gambar 3D. Proses texturing ini menentukan karakteristik pada sebuah objek dari segi struktur.

  5. Bitmap Image Editor
  6. Image Editor adalah jendala kerja yang khusus untuk menempel sebuah foto atau memberikan warna pada objek , Image Editor merupakan salah satu dari 3 cara untuk memberi warna atau texture pada sebuah objek.

  7. Animation
  8. Animation dalam Blender merupakan fitur yang membuat suatu objek menjadi bergerak. Dengan fitur ini pengguna dapat merubah posisi, orientasi, atau ukuran objek sesuai waktu yang telah ditentukan.

  9. Digital Sculptor
  10. Fitur ini dapat membantu penggunanya untuk memberikan kekuatan dan fleksibilitas yang dibutuhkan dalam melakukan produksi digital. Misalnya pengguna dalam mendesain sebuah karakter dan eksplorasi.

Kelebihan dan Kekurangan Blender

Blender merupakan salah satu software animasi 3D yang banyak digunakan oleh para animator, karena Blender menyediakan banyak sekali kelebihan dalam softwarenya, namun tidak menutup kemungkinan jika software ini memiliki kekurangan, Berikut kelebihan dan kekurangan dari Blender 3D.

Kelebihan

  • Gratis / Open Source
Blender pada umumnya merupakan software animasi 3D yang bersifat open source dan bisa didapatkan secara gratis untuk semua penggunanya. Meskipun gratis Blender menyediakan beragam layanan serta fitur untuk mempermudah penggunanya dalam membuat animasi. Selain bisa didapatkan secara gratis untuk para penggunanya, penggunanya dapat melakukan modifikasi terhadap softwarenya sesuai kebutuhan para penggunanya asalkan sesuai dengan ketentuan GNU (Genearal Public License) yang telah ditetapkan oleh Blender.
  • Update
Meski Blender merupakan software animasi 3D gratis, Blender terus menyediakan rilis versi terbaru yang dapat digunakan secara gratis untuk penggunanya.
  • Multi-Platform
Blender tidak hanya dapat digunakan pada sistem operasi Windows saja, tetapi juga bisa digunakan pada sistem operasi MacOS dan Linux. Sehingga penggunanya mampu membuka file Blender pada sistem operasi mana pun tanpa ada perubahan.

Kekurangan

  • GUI Susah Dipahami
GUI merupakan salah satu kekurangan dari software Blender ini, karena dalam tampilan tersebut banyak sekali tool-tool yang tertata secara berurutan sehingga untuk pengguna baru sulit untuk mengoperasikannya.
  • Tool Kurang Lengkap
Jika membahas Tool yang tidak lengkap pada Blender, tentu sangatlah wajar jika memiliki tools yang kurang dibandingkan dengan software animasi yang berbayar

Kesimpulan

Blender merupakan software animasi 3D yang berfungsi untuk membuat sebuah animasi 3D, model 3D dan permainan Video (Games). Dengan kelebihan yang dimiliki Blender sangat mempermudah penggunanya dalam melakukan perkerjaannya. Blender bisa didapatkan secara gratis dan dapat digunakan pada sistem operasi Windows, MacOS dan Linux. Di samping itu, Blender bersifat open source yang memungkinkan penggunanya dapat memodifikasi softwarenya sesuai kebutuhannya.