Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Belajar HTML Part #1 - Pengenalan HTML

Crewnesia - Pengenalan HTML

Crewnesia.my.id - HTML adalah bahasa yang wajib dipelajari bagi yang ingin membuat website. Saya yakin, kalian semua sudah pernah mendengar kata HTML sebelumnya, pada kesempatan kali saya akan membahas dari nol sehingga kalian paham tentang HTML sehingga bisa membuat halaman HTML sendiri.

Apa Itu HTML?

HTML merupakan sebuah bahasa markah standar yang dapat dirancang untuk ditampikan di perambanan internet. HTML juga dapat memudahkan untuk kita untuk menyusun, memformat serta mengorganisir sebuah dokumen secara online.

Sejarah HTML


HTML dibuat oleh seorang ahli fisika oleh tim Tim Berners Lee pada lembaga penelitian CERN (European Organization For Nuclear Research) berada di Swiss. Tim Berners Lee memiliki ide mengenai hypertext yang menggunakan basis Internet.Tim Berners Lee akhirnya mengeluarkan versi HTML pertamanya pada tahun 1991. Di dalam versi pertama HTML terdapat 18 HTML Tag. HTML setiap melakukan update selalu dilengkapi dengan Atribut dan Tag terbaru. Sampai saat ini HTML memiliki 140 HTML tag. Pada tahun 2014 HTML dikembangkan dan di upgrade besar-besaran oleh W3C sehingga lahirnya HTML 5.

 Perkembangan HTML


  1. HTML Versi 1.0
  2. Versi 1.0 ini merupakan poinir yang masih banyak memiliki kelemahan sehingga tampilannya masih sederhana. HTML V1.0 hanya mampu membuat Paragraf, Heading, List, Hypertext, dan cetak Tebal atau Miring. Selain itu juga di versi ini sudah mendukung peletakan gambar atau image pada dokumen tanpa wrapping.

  3. HTML Versi 2.0
  4. HTML Versi 2.0 ini merupakan poinir untuk web interaktif, Dalam Versi 2.0 ini HTML mempunyai fiture tambahan yaitu kualitas HTML lebih baik sehingga bisa menampilkan sebuah data atau form pada dokumen serta dapat memasukkan nama, alamat, dan saran.

  5. HTML Versi 3.0
  6. Pada Versi ini sudah adanya fiture dengan fasilitas baru yaitu figure, Figure merupakan perkembangan dari image yang berfungsi untuk meletakan sebuah gambar serta table. Selain itu juga di versi ini telah mendukung adanya rumus Matematika pada dokumen. 

  7. HTML Versi 3.2
  8. Versi 3.2 ini mempunyai teknologi untuk meletakan teks pada keliling gambar. Sehingga mempunyai latar belakang, frame, style, table, dan sebgaianya, sehingga versi ini yang paling sering digunakan.

  9. HTML Versi 4.0
  10. Pada versi ini HTML mengalami banyaknya perubahan dari versi sebelumnya, perubahan tersebut terdapat pada perintah HTML yaitu, image, tabel , text, link, form, dan lain-lainnya.

  11. HTML Versi 4.01
  12. Pada versi ini merupakan perbaikan dari versi 4.0 dan menjadi standar untuk element atau atribut HTML yang dimana sebelumnya terdapat kesalahan pada versi sebelumnya.

  13. HTML Versi 5.0
  14. HTML ini merupakan prosuder pembuatan tampilan web tervaru dengan menggambungkan HTML, CSS, dan JavaScript. HTML 5.0 menjadi versi yang paling baik dengan fiture yang lebih lengkap dan memiliki fiture canggih yaitu support pada embed video atau audio ke halaman web.

Kesimpulan

HTML merupakan sebuah markup yang dapat digunakan untuk membuat dan menyusun dokumen dalam program. HTML sendiri memiliki 2 tipe yaitu Block Level dan Inline Tags. Block Level adalah sebuah elemen yang menggunakan semua space yang ada serta dapat membuat line baru dalam dokumen. Sedangkan Inline Tags adalah sebuah elemen yang hanya menggunakan space sesuai dengan keperluan kita.

Bagaimana apakah kalian tertarik untuk memperdalami seputar apa itu HTML??

Teknologi
Mas Hary
Mas Hary
Hi, I'm Hary, a tech blogger with 3 years of experience in the tech industry. I'm passionate about sharing my knowledge and experience with others through my blog. My goal is to provide readers with easy-to-follow tutorials based on my own experience. I believe that technology should be accessible to everyone, and my writing reflects this belief.
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar