Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Cara Membuat Email Dengan Domain Secara Gratis




Crewnesia
- Untuk menjalan sebuah bisnis kita membutuhkan sebuah email domain supaya kita terlihat seperti menjanjikan di mata para konsumen kita. Salah satu platform email domain yang menyediakan secara gratis dan sering digunakan yaitu Zoho Mail.

Pengertian Zoho Mail


Zoho Mail merupakan sebuah platform email yang banyak digunakan oleh kalangan pebisnis atau untuk kepentingan perusahaan kerana dengan menggunakan zoho mail kita bisa mendapatkan webmail yg lebih powerfull dibanding dengan email-email client gratisan lainnya. Zoho mail membuat kita menjadi jauh lebih mudah untuk mengontrol sebuah inbox pada email.

Fitur - Fitur Zoho Mail


Alasan para pebisnis menggunakan Zoho Mail karena memiliki banyak fiture - fiture menarik bagi para penggunanya. Salah satu fitur yang saya sukai yaitu Interface Webmail yang tidak menampilkan ads sekalipun untuk plan gratis. Berikut beberapa fitur pada Zoho Mail.


  1. Filter Scrub

  2. Zoho mail memliki sebuah filter scrub yang sangat membantu para penggunanya untuk membersihkan sebuah inbox dari email-email yang tidak terlalu penting. Email yang tidak penting kita bisa langsung masukkan ke dalam sebuah folder archive. Satu filter scrub kita bisa gunakan untuk 5 email.


  3. Smart Compose

  4. Zoho Mail juga memilliki fitur yang mirip seperti sosial media untuk memudahkan penggunanya untuk mengirim email, fitur ini kita hanya perlu menekan tombol @ dan memberikan nama orang yang ingin kita kirimkan email, maka email tersebut akan langsung terkirim sendiri.

  5. Folder Multi-level

  6. Selain memiliki fitur Filter Scrub dan Smart Compose, zoho mail memiliki sebuah fitur folder multi level yang cukup berbeda dengan webmail pada umumnya. Salah satu fiturnya yaitu untuk mempermudahkan para penggunanya untuk mengatur sebuah email agar jauh lebih terstruktur dan sesusai dengan keinginan penggunanya.

Kelebihan Zoho Mail

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Zoho Mail salah satunya yaitu opsi custom domain yang bisa dipilih untuk kebutuhan email bisnis atau perusahaan. Sehingga para penggunanya dapat membuat sebuah domain baru untuk menghubungi klien khusus untuk menjalankan promosi. Kelebihan lain dari Zoho mail adalah menyediakan control panel untuk admin dengan fungsil lebih powerfull. Zoho mail memiliki sebuah fitur interface yang sangat cukup sederhana untuk penggunanya mengatur sebuah domain pribadi hingga domain tim yang ditugaskan untuk bekerja.

Cara Membuat Email Domain Secara Gratis Di Zoho


Setelah kalian mengenal pengertian Zoho Mail, fitur fitur dan kelebihan dari Zoho Mail, maka kita akan mempelajari Cara Membuat Email Domain Secara Gratis Di Zoho Mail.



  1. Langkah pertama kalian kunjungi website Zoho Mail

  2. Setelah itu buat akun Zoho Mailnya terlebih dahulu

  3. Jika sudah tampilannya seperti gambar dibawah ini, lalu klik Mail



  4. Selanjutnya kalian klik "Create domain based email account in Zoho" lalu klik "Proceed" untuk menggunakan domain yang sudah kalian miliki.



  5. Jika sudah tampilan seperti gambar dibawah ini, kalian scroll kebawah nanti ada tulisan "Kami juga memiliki Paket Gratis untuk Anda" lalu klik Coba Sekarang



  6. Jika kalian sudah memiliki domain sendiri maka klik "Tambahkan Domain Sudah Ada", dan jika kalian belum mempunyai domainnya kalian bisa klik "Domain Baru"



  7. Setelah itu masukkan alamat domain kalian dan nama organisasi kalian, lali klik "Tambahkan"




  8. Setelah itu kita akan melakukan verifikasi domain





  9. Selanjutnya kalian buka "DNS Management" domain kalian untuk melakukan verifikasi domain kalian.





  10. Setelah masuk kedalam "DNS Management", Kita akan menambahkan Kode verifikasi dai Zoho mail ke "DNS Management", Jika sudah menambahkan verifikasi domain tunggu sekitar 5 - 10 menit, lalu klik "Verifikasi Catatan TXT





  11. Selanjutnya kita memasukkan nama alamat email custom kalian, misalnya "Admin"






  12. Selanjutnya Klik "Lanjutkan Ke Group Penyiapan"





  13. Selanjutnya kita disuruh untuk memasukkan MX Record ke "DNS Management" Domain kita, Jika sudah memasukkan MX Record tunggu 5 - 10 menit, Lalu Klik "Verifikasi Catatan MX"






  14. Nanti hasilnya seperti gambar dibawah ini






  15. Selanjutnya kita disuruh untuk memasukkan Catatan SPF ke "DNS Management" Domain kita, Jika sudah memasukkan kode SPF tunggu sekitar 5 - 10 Menit, lalu klik "Verivikasi Catatan SPF"






  16. Setelah verifikasi Catatan SPF berhasil, selanjutnya kalian klik "Lanjutkan Ke Konfigurasi DKIM"






  17. Selanjutnya kita disuruh memasukkan kode DKIM ke "DNS Management" domain kita, jika sudah memasukkan kode DKIM tunggu sekitar 10 -15 menit, lalu klik "Verifikasi Catatan DKIM"






  18. Selanjutnya klik "Lanjutkan Ke Migrasi Email"






  19. Selanjutnya klik "Lanjutkan Ke Konfigurasi Seluler"






  20. Selanjutnya Klik "Lanjutkan Ke Penyelesaian Penyiapan"




  21. Selanjutnya Klik "Periksa Kotak Masuk Anda" untuk masuk kedalam email domain kalian






  22. Selesai


Kesimpulan

Dengan menggunakan Zoho Mail kalian bisa menggunakan domain kalian untuk membuat sebuah email untuk kepentingan bisnis kalian. Jika kalian ingin menggunakan platform email yang lebih profesional saya sarankan untuk menggunakan G-Suite yang bisa kalian dapatkan mulai dari 95Ribu perbulannya.

Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat untuk kalian semua, jika kalian masih kurang paham untuk Membeuat Email Dengan Domain Sendiri Secara Gratis kalian bisa meninggalkan jejak di kolom komentar.
Teknologi
Mas Hary
Mas Hary
Hi, I'm Hary, a tech blogger with 3 years of experience in the tech industry. I'm passionate about sharing my knowledge and experience with others through my blog. My goal is to provide readers with easy-to-follow tutorials based on my own experience. I believe that technology should be accessible to everyone, and my writing reflects this belief.
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar