Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Belajar HTML Part #2 - Struktur Dasar HTML

Crewnesia - Struktur Dasar HTML

Crewnesia.my.id - Pada artikel sebelumnya kita telah mengetahui apa itu HTML serta sejarah dari HTML itu sendiri. Maka dari itu pada artikel ini saya akan membahas tentang Struktur Dasar HTML. Bagi yang belum tau apa itu HTML dan sejarahnya kalian bisa bacanya terlebih dahulu.

Struktur Dasar HTML

Pada setiap halaman HTML memiliki struktur dasar yang terdiri dari; Tag DOCTYPE, Tag Html, Tag Head, dan Tag Body, itulah struktur paling dasar dari HTML.

Bahan-Bahan Untuk Belajar HTML

  1. Sublime Text untuk menulis HTML, Kalian bisa download Windows 32bit atau Windows 64bit
  2. Web Browser untuk menampilkan HTML
Membuat Dokumen HTML
Kalian bisa membuka sublime text lalu ketik kode berikut.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar HTML Part #2</title>
</head>
<body>
<p>Hello World</p>
</body>
</html>

Setelah itu, simpen file dengan nama struktur-dasar.html.



TIPS: Jika kalian menggunakan Notepad bawaan Windows, simpan nama filenya dengan menggunakan tanda "struktur-data.html" supaya eksetensinya .html bkn .txt
Sekarang kalian coba buka file struktur-dasar.html dengan web browser. maka hasilnya akan seperti ini.
Kalian sudah bisa membuat halaman web pertama dengan  HTML, maka dari itu saya akan menjelaskan secara detail.

1. Ekstensi (Format) File HTML
Setiap file HTML biasanya harusnya berektensi .html, .xhtml, dan .htm saja. Jika pada file HTML tidak berekstensi biasanya tidak akan terbaca oleh web browser kalian contohnya seperti ini
2. Nama Khusus Untuk Homepage
Jika kalian ingin membuat halaman utama atau homepage, maka sebaiknya kalian menggunakan nama index.html. Karena ia akan otomatif membuka jika saat website dikunjungi.

3. Struktur Dasar HTML
Coba kalian perhatikan kode di bawah ini

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Belajar HTML Part #2</title>
</head>
<body>
<p>Hello World</p>
</body>
</html>

  • <!DOCTYPE html>
Ini merupakan tag deklarasi bahwa kita menyatakan tipe dokumen dan versinya. Pada kasus ini diatas, kita menyatakan bahwa dokumen kite bertipe HTML dan menggunakan  Versi 5.

  • <html lang-"en"> 
Tag ini wajib ada di setiap dokumen HTML, Karena tag ini akan menyatakan kalau konten dalam dokumen tersebut menggunakan bahasa inggris. Biasanya di dalam tag <html> ini terdapat dua tag yaitu <head> dan <body>.

  • Bagian <head>
Pada bagian ini merupakan bagian kepala HTML, biasanya dimulai dari tag <head> lalu ditutup dengan tag </head>. Pada bagian ini biasanya sering digunakan untuk menuliskan tag-tag yang akan dibaca oleh web browser. Contohnya seperti; Tag Tittle, Tempat menuliskan CSS dan JavaScript, dan lain-lain.  

  • Bagian <body>
Bagian ini merupakan bagian yang akan ditampilkan pada web browser. Penulisan bagian ini dimulai dari tag <body> lalu di tutupi dengan yag </body>. Pada bagian ini kita akan menuliskan konten dengan menggunakan beberapa tah. Saat ini kalian hanya menggunakan tag <p>. Tag <p> adalah tag yang digunakan untuk membuat sebuah paragraf. 

Sampai sini dulu pembahasan mengenai Struktur Data. Jika ada yang belum jelas silahkan tanyakan di kolom komenter. Berikutnya kita akan membahas materi mengenai Tag, Atribut, dan Elemen pada HTML.

Teknologi
Mas Hary
Mas Hary
Hi, I'm Hary, a tech blogger with 3 years of experience in the tech industry. I'm passionate about sharing my knowledge and experience with others through my blog. My goal is to provide readers with easy-to-follow tutorials based on my own experience. I believe that technology should be accessible to everyone, and my writing reflects this belief.
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar