Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Mari Mengenal Database Firebird

Crewnesia - Database Firebird

Crewnesia - Pada kesempatan sebelumnya saya sudah membahas beberapa Database, dan kalian bisa melihatnya DISINI. Maka pada kesempatan saya akan membahas mengenai Database Firebird langsung saja ke pembahasannya.

Apa Itu Database FIREBIRD

Firebird merupakan salah satu Relation Database Management System yang bsersifat open source yang dikembangkan oleh Firebird Foundation. Database Firebird memberikan beberapa fiture yang termasuk ke dalam standar ANSI SQL-99 dan SQL-2003. Database ini bisa digunakan pada Windows, Linux dan Unix.

Sejarah Database Firebird

Firebird dikembangkan dari codebase interbase versi 6.0 yang bersifat open source dan tidak berlisensi ganda, kalian bisa menggunakan Dataabse ini untuk tujuan aplikasi komersial atau Open Source.

Kelebihan Firebird

  • Instalasinya mudah
Proses instalasinya sangatlah mudah kalian hanya perlu mendownload sesuai dengan OS yang kalian gunakan. Firebird juga tidak memerlukan spesifikasi komputer yang terlalu tinggi agar para penggunanya bisa menggunakna Firebird. untuk mendownloadnya installernya kalian bisa mengunjungi situs resminya Firebird
https://www.firebirdsql.org/en/server-packages/
  • Ringan Dan Cepat
Firebird tidak akan memakan banyak penyimpanan pada komputer penggunanya dengan hanya 1MB firebird bisa berjalan dengan normal pada komputer penggunanya, hal ini menjadi salah satu alternatif bagi projeck embbeded yang membutuhkan fitur penyimpanan ke database
  • Komunitas Yang Aktif
Komunitas firebird tidak sebesar dengan komunitas MySql dan Oracle, walaupun komunitas firebird tidak sebesar pesaingnya namun Komunitas developer firebird juga aktif untuk mengembangkan dan memperbaiki issue yang ada pada database firebird. Dengan komunitas yang aktif, sehingga keamanan dan kemampuan dari firebird terus berkembang.
  • Minimum Maintenance
Kelebihan yang paling menarik dari firebird adalah para pengguna dari firebrid tidak perlu melakukan proses maintenance yang terlalu sering. Firebird sendiri tergolong lebih mudah untuk melakukan maintenance.
  • Memiliki Fiture Yang Matang
Firibird telah dikembangkan sejak tahun 2000, hal ini membuat firebird lebih matang dalam hal pengembangan fitur firebird. Banyak fitur firebird yang tidak dimiliki oleh DBMS open source lainnya, Berikut fitur dari firebird;
    1. Clausa 'Check' pada saat melakukan query.
    2. Melakukan sinkronisasi dengann pengguna offline
    3. recursive query
    4. Memiliki fitur full outer join
    5. Support terhadap ODBC

Kekurangan Firebird

  • Pengguna Firebird sedikit
Walaupuun Firebird memiliki bnayak keunggulan namun tidak menjamin untuk memiliki pengguna sebesar pesaingnya, karena ada beberapa faktor yang menyebabkan pengguna dari firebird sedikit diantaranya seperti;
    1. Tidak mempunyai dukungan dari pemain besar 
    2. Website Firebird memiliki tampilan yang kurang meyakinkan.
    3. Dokumentasi yang kurang baik
  • Dokumentasi yang kurang baik
Banyak pengguna dari firebird yang marasa bahwa dokumentasi untuk pengguna firebird yang kurang baik. Tentunya hal ini sangat menyulitkan bagi para pengguna baru yang ingin mempelajari dan menggunakan firebird untuk projek yang sedang dikerjakan.

Walaupun memiliki dokumentasi yang kurang baik para komunitas developer firebird berusaha untuk menutupi kekurangan tersebut, dengan adanya komunitas yang aktif, para pengguna baru bisa bertanya atau mendiskusikan permasalahan dari firebird pada fourm khusus pengguna firebird.
  • Learning Curve yang relatif curam
Fitur firebird yang lebih banyak dari open source database yang membuat Firebird lebih sulit untuk dipelajari. Ditambah dengan dokumentasi yang kurang baik dan para penggunanya terholong sedikit membuat semakin sulit untuk mempelajari firebird

Kesimpulan

Firebird merupakan salah satu Relation Database Management System yang bsersifat open source yang dikembangkan oleh Firebird Foundation. Firebird memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan, selain itu juga firebird memiliki dokumentasi yang kurang baik sehingga sulit untuk mempelajarinya, namun dengan adanya komunitas firebird yang aktif sehingga bisa membantu para pengguna yang baru.
Teknologi
Mas Hary
Mas Hary
Hi, I'm Hary, a tech blogger with 3 years of experience in the tech industry. I'm passionate about sharing my knowledge and experience with others through my blog. My goal is to provide readers with easy-to-follow tutorials based on my own experience. I believe that technology should be accessible to everyone, and my writing reflects this belief.
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar